Senin, 20 Februari 2017

Pasta Kacang Hijau (Mung Bean Paste)

Postingan kali ini aku akan bagi-bagi resep pasta kacang hijau. Pasta ini bisa dijadikan macam-macam isian. Contohnya roti, mooncake, atau kue lain yang menggunakan isian. Resep ini nanti bisa kamu kreasikan lagi, mungkin mengganti kacangnya, atau mengganti bahan lain didalamnya sesuai keinginan kamu. Oke, yuk cus resep!

Resep Pasta Kacang Hijau (Mung Bean Paste Recipe)

Bahan:
250 gr Kacang Hijau (aku pake kacang hijau dengan kulit, boleh juga pake yg tanpa kulit)
150 gr Gula Pasir (takarannya bisa menyesuaikan selera manisnya kamu)
2-3 sdm Minyak Goreng
2 sdt Tepung Terigu (cairkan dengan sedikit air)
1 sdm Pasta Pandan
1/2 sdt Garam
Air (untuk merendam dan merebus)

Cara Membuat:
1. Siapkan air panas, kemudian rendam kacang hijau dengan air panas. Tutup wadah untuk merendam, dan diamkan kacang hijau selama 1-1.5 jam. (Sebaiknya rendam dengan air dingin semalaman. Karena dadakan, ini salah satu cara ampuhnya).

2. Buang air rendaman, lalu cuci bersih kacang hijau selama beberapa kali sampai kacang hijau bersih dari kotoran.

3. Siapkan panci untuk merebus kacang hijau, masukkan kacang hijau dan beserta air. Banyaknya air lebih kurang 2 ruas jari dari permukaan kacang hijau. Masak dengan api besar.

4. Jika sudah mulai mendidih, kecilkan api dan masak (sambil diaduk sesekali) hingga kacang hijau matang dan air surut. (Kacang hijau akan terlihat pecah dan keluar dari kulitnya apabila sudah matang, dan kalau dicoba akan sangat lembut dan tidak keras sama sekali). Matikan api, angkat, dan biarkan dingin.

5. Siapkan blender dan masukkan kacang hijau beserta air rebusan yg masih tersisa. (Rebusan juga boleh disaring. Sebagai gantin cairan yg hilang, kamu bisa ganti dengan susu cair atau air yg diberi seidkit santan kental, agar rasanya lebih gurih). Masukkan gula pasir kedalam blender, lalu haluskan kacang hijau hingga benar-benar halus.

6. Siapakan kembali panci, lalu masukkan kacang hijau halus kedalam panci (boleh juga disaring lebih dulu). Masukkan garam dan masak dengan api kecil sambil terus diaduk.

7. Tambahkan minyak goreng dan pewarna/pasta pandan, aduk..

8. Saat mulai kental, tambahkan cairan tepung terigu dan aduk kembali. Masak kacang hijau hingga cairan benar-benar kering dan konsistensinya sudah seperti pasta. Matikan api dan angkat. Pindahkan kacang hijau ke wadah lain dan biarkan dingin.

9. Pasta sudah siap dipakai.

semangkuk pasta kacang hijau siap!

Mungkin buat kamu yg nanti coba resep ini, lebih baik saat merebus pasta dengan bahan lain gunakan panci anti lengket agar lebih gampang saat memasak. Selain itu, pasta ini aku buat untuk jadi isian roti, jadi dibuat manis. Kalau tidak suka terlalu manis, cukup kurangi takaran gulanya menjadi 100 gr atau kurang dari itu, sesuai selera.

Mau tau gimana jadinya roti isi pasta kacang hijau yg aku buat?? Yuk, cek post selanjutnya! ☺

Resep diadaptasi dari: Perfect Mung Bean Filling For Mooncakes by Savoury Days Kitchen (Youtube channel)

1 komentar:

Miliana mengatakan...

wah sekarang jadi tahu cara buatnya deh

promo jsm alfamart

Posting Komentar