Kamis, 25 Desember 2014

Churros - Simple snack for you-

Pernah denger snack yang namanya "Churros"??
Mungkin ada yang masih jarang denger nama makanan ini. Churros itu adalah salah satu snack  yang populer di negara Spanyol. Katanya sih asal muasal churros ini ya dari Spanyol.

Resep churros ini sangat simple dan tidak terlalu merepotkan. Bagi yang gak punya oven, no problem!. Cuma butuh kompor, panci, dan wajan penggorengan. 

Nah, satu hal yang perlu diketahui. Churros ini saudaraan sama kue sus. Kenapa?? Karena dua kue tersebut sama-sama terbuat dari adonan choux paste, yaitu adonan yang terbuat dari rebusan air dan mentega yang ditambahkan tepung terigu. Perbedaannya terletak pada proses akhir pembuatan. Kalau kue sus dibuat dengan dipanggang, nah churros cukup dengan digoreng saja. 

Sip. Langsung ke resep ya :)

Churros


Bahan:
250 ml air
250 gram terigu (boleh segitigabiru, boleh cakra)
125 gram margarin
3 butir telur
1-2 sdm gula (tidak wajib digunakan, sesuai selera)
500 ml Minyak Goreng

Bahan Taburan:
Gula Halus

Cara Membuat:
1. Siapkan panci. Masukkan margarin dan air, rebus hingga mendidih dan margarin mencair.
2. Kecilkan api kompor, masukkan tepung terigu yang sudah diayak. Aduk hingga adonan tercampur rata. Matikan api.
3. Dinginkan adonan hingga hangat kuku.
4. Masukkan telur satu per satu hingga tercampur rata keseluruh adonan (tidak membentuk gumpalan lagi).
5. Siapkan 2 buah piping bag (plastik segitiga) dan spuit bintang. Masukkan spuit bintang kedalam salah satu piping bag yang sudah digunting bagian ujungnya. Dan masukkan adonan kedalam piping bag yang lainnya, gunting ujungnya cukup besar agar adonan mudah keluar. Masukkan piping bag adonan kedalam piping bag berisi spuit, adonan siap dicetak.
6. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Semprotkan adonan churros kedalam wajan dengan ukuran panjang yang sama. Goreng dengan api sedang hingga berwarna coklat keemasan dan garing.
7. Angkat churros dan tiriskan.
8. Setelah dingin, tata churros diatas piring saji dan tabur dengan gula halus. Churros siap disantap bersama teh dan kopi hangat atau dicocol dengan saus coklat.

Note:
Dalam gambar, resep ditambah "pasta pandan" sehingga churros berwarna hijau. Jika ingin memberi variasi warna, bisa ditambahkan saat merebus air dan margarin. 
Air juga bisa diganti dengan susu, jika ingin mendapat rasa yang lebih kaya dan nikmat.

Siap untuk mencoba?? 

*Resep diadaptasi dari Femina*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar