Jumat, 24 Oktober 2014

Chocolate Painting

This time, aku mau sharing sedikit tentang "Chocolate Painting" atau melukis dengan cokelat. Diluaran sana sedikit sulit untuk mencari materi mengenai chocolate painting, dan kalaupun ada, tersedia dalam buku terbitan lama atau berbahasa inggris. Aku juga kesulitan saat mencari materi mengenai bahasan ini. Namun, setelah searching sana sini, setidaknya ada beberapa poin yang dapat aku simpulkan ntuk tugas makalahku dikampus. Jadi, postingan kali ini adalah hasil menyimpulkan setelah pencarian panjang. Jika ada kesalahan dibeberapa bagian, baik itu tentang pengertian atau hal-hal lain, mohon dikritik yaa... :) Ini juga tujuannya untuk berbagi.
Apa itu "Chocolate Painting"???

Chocolate painting adalah teknik melukis dengan cokelat yang bisa dilakukan diatas cake, kanvas cokelat, atau yang lainnya. Sama seperti teknik lukisan, tidak ada aturan baku mengenai media yang digunakan untuk teknik ini.

Teknik chocolate painting merupakan salah satu dari 7 teknik penggunaan cokelat sebagai dekorasi. Keenam teknik (dekorasi cokelat) lainnya selain chocolate painting tersebut adalah:
1. Piping: teknik yang biasa digunakan untuk membuat tulisan, membuat dekorasi dan garnish melalui piping bag.
2. Goblet: teknik coating cokelat. Disebut goblet karena seringkali proses pengerjaannya mirip proses pembuatan gelas.
3. Figurine: teknik membentuk suatu figur dengan menggunakan cetakan (mold).
4. Marblle: teknik pencampuran warna cokelat yang tidak terlalu merata sehingga menghasilkan tekstur yang mirip dengan marmer.
5. Printing: teknik mencetak gambar menggunakan tinda "food grade" yang aman untuk dikonsumsi.
6. Carving: teknik mengukir cokelat. Cokelat untuk diukir bisa berasal dari satu blok besar yang diukir atau beberapa blok kecl yang kemudian ditempelkan lalu diukir.

Chocolate painting ada yang menggunakan bahan cokelat batangan dan ada juga yang menggunakan cokelat bubuk.

Chocolate painting dengan Cokelat Bubuk: teknik melukis pada cake menggunakan cokelat bubuk sebagai bahan utama dalam melukis yang dicampurkan dengan shortening ataupun cocoa butter. Alat dan bahan yang dibutuhkan biasanya adalah fondant/pasta almond dan semacamnya, shortening, cokelat bubuk, kuas, kertas roti, dan pisau pengukir. Contohnya pada gambar dibawah ini:

Chocolate painting dengan Cokelat Leleh: teknik melukis yang menggunakan cokelat batang yang dilelehkan untuk melukis dengan alas yang digunakan untuk melukis biasanya adalah kertas perkamen atau kertas roti. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu sketsa gambar, kertas roti, solatip, kuas, toothpick, dan dark & white chocolate. Contohnya pada gambar dibawah ini:
  

Sekian yang dapat aku tulis. Semoga bermanfaat. Ingat yaa, belajar jadi generasi yang jujur, NO JIPLAK. Silakan copy & share dengan mencantumkan alamat web-nya. Thanks.

Sumber:
Dufall, Wendy. Cara Membuat Dekorasi Cake. Jakarta: Gaya Favorit Press, 1993.
Napitupulu, Binur Prety. Jurnal Penggunaan Cokelat sebagai Bahan Dekorasi Cake di Hotel. Darma Agung.
 

 
 

1 komentar:

Zalfa Oriana mengatakan...

adikku lewat sambil bilang "Melukis coklat" pas kucari di internet ternyata memang ada :)

Posting Komentar